Wednesday, January 23, 2013

Cara Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah gangguan tulang. Tulang menjadi lebih tipis dan anda pun akan kehilangan kekuatan sehingga cepat lelah. Orang dengan Osteoporosis memiliki resiko patah tulang lebih besar. Tulang bisa patah bahkan selama gerakan sehari-hari, seperti membungkuk. Osteoporosis yang paling umum terjadi pada pinggul, pergelangan tangan dan tulang belakang.
Osteoporosis dapat menyebabkan banyak penderitaan, termasuk kehilangan kebebasan. Kematian bahkan mungkin terjadi, terutama ketika patah melibatkan pinggul. Patah tulang pinggul akan sangat sulit untuk menyembuhkannya. Sehingga akan
mengurangi kebebasan anda untuk bergerak. Hal ini dapat mengakibatkan komplikasi dan masalah kesehatan lainnya.

Osteoporosis lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Hal ini karena perubahan hormonal yang terjadi selama menopause. Osteoporosis bukanlah bentuk arthritis. Namun, hal ini dapat menyebabkan patah tulang yang menyebabkan radang sendi.

Kebanyakan orang dengan osteoporosis tidak memiliki gejala apapun. Mereka tidak tahu bahwa mereka memiliki osteoporosis sampai mereka memiliki tes kepadatan tulang atau fraktur. Salah satu tanda dini dapat menjadi kehilangan tinggi disebabkan oleh kelengkungan atau kompresi tulang belakang. Kelengkungan atau kompresi disebabkan oleh melemahnya tulang.

Fraktur kompresi menyebabkan tulang tulang belakang runtuh secara vertikal. Ketika ini terjadi, tulang belakang menjadi lebih pendek. Fraktur kompresi bisa menyebabkan nyeri punggung atau sakit. Namun kehilangan tinggi biasanya tidak menimbulkan symptoms.Osteoporosis pun biasanya tidak menimbulkan nyeri kecuali tulang retak.

Pencegahan

Anda dapat mencegah osteoporosis dengan :
  • Mendapatkan cukup kalsium dan vitamin D.
  • 500 sampai 1.000 miligram kalsium sehari-hari dalam bentuk kalsium karbonat. 
  • Anda juga mungkin perlu untuk mengambil multivitamin harian yang mengandung vitamin D.
  • Melakukan olahraga secara teratur
  • Tidak merokok
  • Menghindari alkohol berlebih
Jika Anda seorang wanita yang baru saja memasuki masa menopause, berbicara dengan dokter Anda tentang sedang dievaluasi untuk osteoporosis.

Menyembuhkan Patah tulang

Jika seseorang dengan osteoporosis patah tulang pinggul, operasi mungkin diperlukan. Pembedahan akan meluruskan kembali dan menstabilkan pinggul.

Sebuah patah tulang pergelangan tangan bisa sembuh dengan baik hanya dengan dimasukkan ke dalam gips. Kadang-kadang pembedahan mungkin diperlukan untuk mengembalikan keselarasan dari tulang.

Pengobatan lain adalah dengan obat-obatan yang dapat mempercepat pertumbuhan tulang. Suntikan kalsitonin dapat mengurangi nyeri tulang belakang dari fraktur kompresi baru.

Sekian dulu postingan saya kali ini...silahkan juga baca artikel yang lainnya

0 comments:

Post a Comment